BKPP Barito Kuala hadiri Rekonsiliasi Hasil SKD

Berita

JAKARTA-BKPP. Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Barito Kuala memenuhi undangan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam rangka rekonsiliasi dan validasi data hasil SKD CPNS di hotel Bidakara Jakarta pada Rabu (04/03/2020).

Adapun data yang divalidasi oleh BKN selaku pelaksana teknis seleksi CPNS meliputi jumlah peserta berdasarkan Berita Acara (BA) kehadiran, kesesuaian formasi SSCN dengan penetapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), kesesuaian ambang batas, kesesuaian nilai P1/TL formasi tahun 2018, BA penyelenggaraan serta panduan SKB. Rekonsiliasi data tahap I dilaksanakan untuk 261 dari 521 instansi pusat dan daerah. Sedangkan 260 instansi lainnya akan dilakukan rekonsiliasi datanya pada tahap II tanggal 11-13 Maret mendatang. Hari pertama rekonsiliasi dan validasi data dilakukan untuk 91 instansi pusat dan daerah.

Direktur Pengadaan dan Kepangkatan BKN selaku Koordinator Tim Finalisasi Hasil Seleksi, Pemberkasan, dan Penetapan NIP, Ibtri Rejeki mengatakan bahwa proses rekonsiliasi data dilakukan melalui 4 level proses verifikasi dan validasi (verval). “Level 4 yaitu tim pengolahan mengumpulkan data hasil SKD dari seluruh titik lokasi (tilok) dan akan disinkronisasikan saat rekonsiliasi data berlangsung. Kemudian setelah itu diverifikasi dan divalidasi kesesuaian data dari instansi dengan data yang ada di Sistem Informasi Manajemen Fasilitasi Penyelenggaraan Seleksi (Simflek). Pada tahap ini instansi mencocokkan kesesuaian hasil SKD di lapangan. Selanjutnya pada level 3 akan diverifikasi ulang oleh Kordinator Tim Finalisasi Hasil Seleksi, Pemberkasan, dan Penetapan NIP sebelum ke level 2 yaitu persetujuan Deputi Bidang Mutasi. Terakhir, pada level I yakni Kepala BKN mengesahkan dengan digital signature dan hasil rekonsiliasi diserahkan kepada instansi secara online,” jelas Ibtri.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Drs. H. Hardian Noor, M.Si yang didampingi Kabid Diklatbangpeg H. Aspur, S.Sos dan Plt Kasubbid Formasi & Bangrir Gusti Eddy Ramadhan ketika ditemui disela-sela kegiatan menyatakan bahwa untuk hasil nilainya akan menunggu dari Panselnas. “Kita tunggu lavel I nya nanti setelah hasilnya diberi digital signature oleh Kepala BKN, baru bisa kita umumkan” ungkap beliau.

Menurut BKN sebagaimana dikutip dari laman BKN.go.id seluruh instansi pusat dan daerah akan mengumumkan hasil SKD pada tanggal 22-23 Maret 2020 secara serentak.

“Biasanya seperti tahun kemaren kita akan dapat file hasil SKD berupa seluruh nilai peserta seleksi, nanti itu yang akan kita umumkan juga biar semua bisa melihat nilai masing-masing” lanjut beliau.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *