BKPP Barito Kuala ikuti Bimtek Admin SSCASN 2019

Berita

Jakarta-Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Tahun 2019 yang diikuti sekitar 219 Instansi Daerah pada Rabu (23/10/2019) di Kantor BKN Pusat, Jakarta. Bimbingan teknis ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemaparan mengenai formasi, SSCASN admin, verifikasi, helpdesk hingga pendaftaran kepada setiap perwakilan dari Instansi yang akan menjadi admin Instansi.

Direktur Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian BKN, Heni Sri Wahyuni menyampaikan bahwa setiap perwakilan Instansi yang menjadi admin harus mengikuti bimbingan teknik dengan baik dan mempelajari setiap tahapan dengan sungguh-sungguh. Heni menegaskan bahwa admin dituntut tidak boleh melakukan kesalahan, karena jika terjadi kesalahan akan mempengaruhi proses bisnis pelaksanaan seleksi CPNS 2019. “Admin bisa berasal dari jabatan apapun, asal mengerjakan tugas dan kewenangan dengan integritas yang tinggi dan teliti,” ujar Heni.

Kepala Seksi Penyajian Informasi dan Penyusunan Tabel Referensi Non PNS pada Direktorat Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian BKN, Andi Ibrahim memberikan pemaparan lebih dalam mengenai sistem SSCASN 2019 yang saat ini memiliki beberapa fitur baru. Fitur tersebut di antaranya keterangan hasil pengumuman seleksi administrasi bagi pendaftar Tidak Memenuhi Persyaratan (TMS) yang bersifat mandatory atau wajib disertakan. Selain itu, akan ada waktu sanggah maksimal diajukan tiga hari setelah pengumuman hasil seleksi admnistrasi bagi para pendaftar dan dijawab maksimal 7 hari oleh Instansi. “Untuk itu, Instansi wajib membuka kontak helpdesk salah satunya dalam rangka proses waktu sanggah tersebut,” ungkap Andi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Perencanaan Kebutuhan ASN pada Pusat Perencanaan Kepegawaian dan Formasi BKN, Sri Wantarsih turut menjelaskan lebih rinci mengenai formasi CPNS 2019 hingga tugas BKN dalam memberikan pertimbangan teknis atas usulan kebutuhan dan formasi Instansi. Selain itu mekanisme rekrutmen CPNS hingga penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) juga dijelaskan oleh Maryono selaku Kepala Seksi Pengadaan Non Kementerian pada Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan BKN. Bimbingan teknis SSCASN tahun 2019 tersebut akan diselenggarakan hingga Jumat, 25 Oktober 2019 dengan total 531 Instansi Pusat dan Daerah serta 12 Kantor Regional BKN. kaw

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *